Penyebab dan Tips Memperbaiki AC Yang Hidup Mati Sendiri

Saat suhu panas, kita pasti langsung menyalakan ac. Tapi ac malah hidup mati sendiri, tentunya ini sangat menyebalkan. Padahal suhu ruangan belum dingin, tetapi ac sudah mati lagi. Sebenarnya apa yang menjadi penyebabnya? Ac termasuk jenis elektronik yang harus rutin perawatan. Bila tidak dibersihkan, akan membuat kerjanya cepat menurun. Anda bisa menggunakan jasa service ac jogja untuk merawat ac rutin setiap bulannya.

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah ac yang hidup mati sendiri. Belum sampai ke suhu maksimal tetapi sudah mati. Sehingga ruangan tidak bisa dingin. Hampir semua merk ac, pasti mengalami masalah ini, apalagi penggunaanya sudah lama. Jika dibiarkan terus menerus, tentunya bikin kesal sendiri. Berikut ini penyebab dan cara memperbaiki ac yang hidup mati sendiri.

Fitur Timer Menyala

Ac yang hidup mati sendiri bukan berarti ada masalah di mesin. Mungkin anda lupa menyalakan fitur timer. Kita tidak menyadari bahwa telah menyalakan fitur timer. Jika ini dibiarkan terus menerus, padahal anda berada di rumah akan membuat mesin ac cepat panas dan rusak. pastikan anda sudah mematikan fitur timer. Bila lampu menyala tandanya lampu timer berkedip-kedip. Inilah cara mematikan fitur timer.

Cabut stop kontak terlebih dahulu

Tunggu sekitar 5 menit kemudian colokan stop kontak lagi

Lepas kedua baterai remote, kemudian pasang kembali

Nyalakan ac kembali, otomatis fitur timer akan mati

Thermistor Ac Lemah atau Rusak

Thermistor bekerja untuk mengatur suhu otomatis ac. Bila thermistor rusak atau lemah, otomatis mempengaruhi kerja kompresor. Akhirnya ac akan hidup mati sendiri. Bila penyebabnya dikarenakan thermistor rusak, anda bisa menjauhkan thermise dari evaporator. Tetapi kalau tetap tidak bisa, harus menggunakan service ac jogja dan diperbaiki atau mengganti dengan yang baru.

Tekanan Freon Berkurang

Freon merupakan bagian penting dalam ac, tanpa adanya freon ac tidak bisa menghasilkan dingin. Tekanan freon ac yang berkurang, akan membuat kompresor tidak bekerja optimal dan ac akan hidup mati. Freon yang berkurang bisa disebabkan kebocoran halus di evaporator, pipa instalasi atau kondesor. Selain itu disebabkan oleh nepel yang kendor dan penyambungan pipa tidak sempurna. untuk memastikanya,harus dicek dengan gauge manifold. Jika memang tekanan berkurang, harus ditambah tekanan lagi.

Tombol ON Off Terjepit Penutup

Setelah membersihkan ac dan menutup bagian indoor, terkadang kita tidak sadar kalau ada bagian yang terjepit. Sehingga tombol on off terjepit penutup. Tentunya hal ini akan membuat ac hidup dan mati sendiri. Masalah lain bisa disebabkan oleh tombol yang sudah tidak berfungsi optimal. Seperti sensor tidak responsif, kabel socket kendor dan lainya. Untuk mengatasinya harus membuka ulang penutup dan menutupnya lagi dengan benar.

PCB Modul Rusak

Penyebab ac hidup mati sendiri bisa dikarenakan pcp modul yang rusak. kerusakan bisa dikarenakan konsleting listrik. Jika kerusakan dikarenakan petir, maka harus mengganti yang baru kemudian menambahkan atap pada bagian outdoor. Jika karena tegangan rendah tinggi, tambahkan stabilizer supaya tegangan listrik lebih stabil.

Dengan memperhatikan semua penyebab diatas, anda bisa memperbaiki segera mungkin. Untuk kondisi yang parah total, lebih baik untuk menggunakan jasa service ac jogja. Sehingga ac dapat diperbaiki segera mungkin dan tidak semakin rusak. sekian informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat.

Deskripsi: service ac jogja banyak sekali, tetapi pilihlah yang terpercaya. Sehingga bisa memperbaiki kerusakan ac dengan benar.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *