Tak Hanya Helm, Ini Dia Perlengkapan Keamanan Berkendara yang Wajib Anda Siapkan

Mengendarai sepeda motor tentu menjadi satu hal yang sudah sangat biasa dilakukan oleh hampir semua orang di Indonesia. Dengan bentuk motor yang kecil serta harga motor juga cenderung lebih terjangkau, maka tak heran jika banyak yang memilih motor sebagai teman berkendara. Namun mengingat banyaknya kecelakaan yang terjadi di jalanan, tentu saja para pengendara wajib untuk memperhatikan keamanannya dalam berkendara. Helm menjadi perlengkapan yang pasti harus Anda kenakan setiap waktunya.

 

Pelindung kepala sendiri kini bukan semata untuk digunakan melindungi kepala saja ketika berkendara dengan motor. Namun dengan berkembangnya zaman, maka desain dan juga modelnya yang bervariasi pun mampu lengkapi gaya dalam berkendara. Dalam pemilihannya, Anda tidak boleh dilakukan dengan sembarangan melainkan harus dengan pertimbangan yang matang. Pastikan untuk pemilihannya adalah agar yang sesuai dengan aturan dari kepolisian dimana bahannya harus yang kuat, berstandar SNI dan pastinya siap melindungi kepala Anda.

 

Kini pelindung kepala tersedia dalam banyak model mulai dari full face dimana modelnya mampu menutupi kepala secara keseluruhan sehingga perlindungannya pun maksimal. Ada juga model half face yang biasa dipakai oleh masyarakat untuk keseharian. Umumnya half face ditandai dengan kaca pelindung wajah yang besar. Model half cap yang satu ini hanya dapat cukup sebagian kepala saja sehingga ringan ketika dikenakan di kepala. Untuk para pengguna ini biasanya hanya untuk berkendara jarak dekat atau sekedar bergaya saja.

 

Tentu Anda tahu jika bukan hanya helm saja perangkat yang bisa menjadi pelindung Anda dalam berkendara. Ada juga beberapa peralatan keamanan lainnya ketika berkendara, seperti:

  1. Sarung tangan

Untuk sarung tangan ini berguna demi bisa melindungi tangan pengendara dari panasnya terik matahari. Tentu tak akan nyaman jika Anda berkendara dengan rasa yang amat panas di tangan. Selain itu ketika dikhawatirkan jatuh, maka tangan tak akan terluka terlalu banyak dan parah jika Anda bisa menggunakan sarung tangan.

  1. Jaket motor kulit

Kehangatan badan saat berkendara dengan motor menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan. Alasannya tentu saja karena jika badan terus berkendara dan terkena paparan angin maka akan menjadikan tubuh mudah sekali sakit. Meski memang iklim Indonesia cenderung panas dan tropis, namun tetap saja jaket motor apalagi yang berbahan kulit akan sangat cocok untuk dikenakan.

  1. Sepatu berkendara

Memang tak semua orang suka dengan sepatu berkendara. Padahal sepatu berkendara ini sangat penting adanya untuk menunjang keamanan dan kenyamanan selama berkendara. Dengan sepatu berkendara khusus, maka kaki akan lebih terlindungi. Selain itu biasanya di sepeda motor ada bagian yang keras dan kasar sehingga Anda akan bisa meminimalisir tertendang atau terkena goresan di kaki.

  1. Surat kendaraan

Ini juga penting yakni surat kendaraan mulai dari SIM dan jug STNK dimana wajib sekali untuk Anda bawa dan Anda miliki. Dengan demikian maka Anda akan bisa terhindar dari tilangan pihak polisi.

 

Itulah beberapa peralatan berkendara yang wajib untuk dikenakan saat Anda berkendara. Helm memang penting, namun bukan satu-satunya. Alangkah baik lagi jika ditambah pelindung badan hingga masker wajah. Tak perlu bingung, semuanya bisa langsung Anda dapatkan di situs belanja online mulai dari harga 5 ribuan hingga jutaan tergantung jenis, model hingga merk dari peralatan berkendara itu.

 

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *